3.11.10

Awali Hari Ini Dengan Sarapan

Pagi yang sibuk adalah hal biasa yang kita alami, kemacetan adalah salah satu keadaan yang membuat kita meninggalkan sarapan. Namun ada pula yang meninggalkan sarapan karena menganggap sarapan itu kurang penting, proses diet dan mungkin masih ada alasan lain selain itu.

Manfaat Sarapan
Sarapan atau makan pagi penting untuk dilakukan. Alasannya karena saat tidur selama kurang lebih 8 jam tubuh kita tidak ada makanan yang masuk dalam tubuh sedangkan aktivitas seperti bernafas, bergerak atau aktivitas ringan lain tetap berjalan. Akibatnya kadar gula dalam tubuh sangat rendah.Dan pada pagi harinya aktivitas harus tetap berjalan seperti biasa, dan semua aktivitas yang kita lakukan itu memerlukan energi, energi yang didapat dari makan yang kita makan.
Dengan asupan makanan dengan gizi yang baik, akan membuat kita kenyang, tubuh tidak lemas, dan bersemangat untuk beraktivitas. Tidak merasa disibukkan dengan bunyi perut yang keroncogan karena merasa lapar.
Sarapan yang sehat akan membantu menurunkan kadar kolesterol,.

Sarapan sudah dilakukan setiap hari. Tetapi, apakah menu makan pagi Anda sudah sehat?
Banyaknya kalori yang sebaiknya masuk dalam tubuh kita waktu sarapan adalah sebanyak 300-400 kalori. Makanan yang dianjurkan untuk sarapan adalah menu yang cukup gizinya, menu yang sesuai dengan “Empat Sehat Lima Sempurna”, yang 3 diantaranya adalah terdiri dari karbohidrat, protein, susu, sereal. Pilihan lain adalah dengan minum jus buah, 2 porsi buah besar, susu atau susu rendah lemak.
Upayakan untuk menghindari makanan yang kurang sehat atau yang berminyak di menu sarapan. Misalnya kita dapat menghindari mengkonsumsi jeroan saat bersantap bubur. Hindari santan saat menikmati bubur kacang hijau, hindari kerupuk saat bersantap nasi atau saat makan ketoprak. Tetapi, jangan lupa untuk tidak membiasakan diri dengan bersantap gorengan sebagai menu sarapan pagi karena kalori yang tinggi dan penggunaan minyak goreng yang kurang baik.

0 comments:

Post a Comment

 

(c)2009 -s e n j a ~. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger