10.4.11

Cinta Cinta Cinta

Ngga tau kenapa akhir-akhir ini seneng banget nulis all about Love..Mungkin sebagian dari kalian nebak kalo aku lagi ketiban cinta padahal mah ngga, hhe..
Yaa, aku seneng aja soale kalo udah ngomong hal satu ini tuh pasti panjang, berwarna, dang mungkin ngga ada abisnya..
Cinta, cinta itu anugerah Tuhan yang bisa dirasakan tapi susah untuk didefinisikan..Coba deh aku aja sampe saat ini belum paham apa sii definisi cinta itu, yang aku tau yaa Cinta itu indah, penuh kasih sayang, saling memaafkan, saling memahi, pokoknya penuh warna deh, hehe :p..

Hmmm, dalam Hadist nabi :
"Man ahabba syai'an katsura dzikruhu"
Orang yang sedang jatuh cinta cenderung selalu mengingat dan menyebut orang yang dicintainya..
Kata nabi juga, ada tiga ciri kalo itu cinta sejati, yaitu :
  1. Lebih suka berbicara dengan yang dicintai dibanding dengan yang lain,
  2. Lebih suka berkumpul dengan yang dicintai dibanding dengan yang lain, dan
  3. Lebih suka mengikuti kemauan yang dicintai dibanding kemauan orang lain/diri sendiri.
Dalam Al-Quran ada 8 pengertian cinta 
  1. Cinta mawaddah adalah jenis cinta mengebu-gebu, membara..Biasanya orang yang memiliki cinta ini maunya selalu bersama, ngga mau berpisah..
  2. Cinta rahmah adalah jenis cinta yang penuh kasih sayang, lembut, siap berkorban, dan siap melindungi. 
  3. Cinta mail, adalah jenis cinta yang untuk sementara sangat membara, sehingga menyedot seluruh perhatian hingga hal-hal lain cenderung kurang diperhatikan..
  4. Cinta syaghaf. Adalah cinta yang sangat mendalam, alami, orisinil dan memabukkan. 
  5. Cinta ra'fah, yaitu rasa kasih yang dalam hingga mengalahkan norma-norma kebenaran, misalnya kasihan kepada anak sehingga tidak tega membangunkannya untuk salat, membelanya meskipun salah. Al Qur'an menyebut term ini ketika mengingatkan agar janganlah cinta ra`fah menyebabkan orang tidak menegakkan hukum Allah, dalam hal ini kasus hukuman bagi pezina (Q/24:2).
  6. Cinta shobwah, yaitu cinta buta, cinta yang mendorong perilaku penyimpang tanpa sanggup mengelak.
  7. Cinta syauq (rindu). Term ini bukan dari al Qur'an tetapi dari hadis yang menafsirkan al Qur'an. Dalam surat al `Ankabut ayat 5 dikatakan bahwa barangsiapa rindu berjumpa Allah pasti waktunya akan
    tiba. Kalimat kerinduan ini kemudian diungkapkan dalam doa ma'tsur dari hadis riwayat Ahmad; wa as'aluka ladzzata an nadzori ila wajhika wa as syauqa ila liqa'ika, aku mohon dapat merasakan nikmatnya memandang wajah Mu dan nikmatnya kerinduan untuk berjumpa dengan Mu.
    Menurut Ibn al Qayyim al Jauzi dalam kitab Raudlat al Muhibbin wa Nuzhat al Musytaqin, Syauq (rindu) adalah pengembaraan hati kepada sang kekasih (safar al qalb ila al mahbub), dan kobaran cinta yang apinya berada di dalam hati sang pecinta, hurqat al mahabbah wa il tihab naruha fi qalb al muhibbi..
  8. Cinta kulfah. yakni perasaan cinta yang disertai kesadaran mendidik kepada hal-hal yang positip meski sulit.
Cinta adl sebuah amalan hati yg akan terwujud dlm lahiriah. Apabila cinta tersebut sesuai dgn apa yg diridhai Allah mk ia akan menjadi ibadah. Dan sebalik jika tdk sesuai dgn ridha-Nya mk akan menjadi perbuatan maksiat. Berarti jelas bahwa cinta adl ibadah hati yg bila keliru menempatkan akan menjatuhkan kita ke dlm sesuatu yg dimurkai Allah yaitu kesyirikan.

Cinta yg dibangun krn Allah akan menghasilkan kebaikan yg sangat banyak dan berharga. Ibnul Qayyim dlm Madarijus Salikin berkata: ”Sebagian salaf mengatakan bahwa suatu kaum telah mengaku cinta kepada Allah lalu Allah menurunkan ayat ujian kepada mereka:
“Katakanlah: jika kalian cinta kepada Allah mk ikutilah aku niscaya Allah akan mencintai kalian.”


Love Love Love :)

Referensi :
http://forum.dudung.net/index.php?topic=9454.0
http://blog.re.or.id/arti-sebuah-cinta.htm


0 comments:

Post a Comment

 

(c)2009 -s e n j a ~. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger