Yuuk, langsung saja ..
Dalam Ilmu Ekonomi Mikro yang dimaksud dengan konsumen adalah seseorang atau kelompok yang melakukan serangkaian kegiatan konsumsi barang atau jasa. Konsumen biasanya memiliki kebiasaan dan tingkah laku yang berbeda-beda. Di desa berbeda dengan kebiasaan yang ada di kota, tergantug pada jumlah pendapatan mereka.
Perilaku konsumen, yaitu tingkah laku dari konsumen, dimana mereka dapat melakukan beberapa kegiatan seperti mencari, memilih, mengevaluasi dan membeli produk serta jasa yang mereka butuhkan.
Beberapa orang ahli menuturkan pendapatnya tentang perilaku konsumen, yaitu :
- David L Loundon
Perilaku konsumen dapat diDefinisikan sebagai proses pengambilan keputusan dan aktivitas individu secara fisik yang dilibatkan dalam mengevaluasi, memperoleh, menggunakan atau dapat mempergunakan barang-barang atau jasa (1984:6) - James F Engel
Perilaku konsumen di definisikan tindak-tindakan individu secara langsung terlibata dalam usaha memperoleh dan menggunakan barang-barang jasa ekonomi termasuk proses pengambilan kepustusan yang mendahuli dan menentukan tindakan-tindakan tersebut (1988:8)
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, adalah :
- Kekuatan sosial budaya terdiri dari faktor budaya, tingkat sosial, kelompok anutan (small referebce grups), dan keluarga.
- Kekuatan Psikologis terdiri dari pengalaman belajar, kepribadian, sikap dan keyakinan.
Referensi :
http://www.anneahira.com/artikel-umum/perilaku-konsumen.htm
http://www.tugaskuliah.info/2010/01/makalah-perilaku-konsumen-dalam-ilmu.html
0 comments:
Post a Comment